-->

Pengertian Blog dan Cara Mudah Membuat Blog di Blogger.com

Logo bloggerCara mudah membuat blog di blogger.com – Bagaimana cara membuat blog? Tutorial cara membuat blog? Mungkin seperti itulah pertanyaan bagi blogger pemula yang ingin memulai ngeblog. Kali ini Evan Fauzi Blog akan memberikan tutorial cara membuat blog dengan mudah. Sedikit penjelasan mengenai blogger, Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2003. Secara umum, blog yang dihost oleh Google berada di bawah subdomain blogspot.com. Blogger memperbolehkan penggunanya untuk mempublikasikan blognya di server lain, melalui FTP hingga 1 Mei 2010. Setelah tanggal tersebut, semua blog harus disimpan di server Google, meskipun pengguna dapat menggunakan alamat situsnya sendiri dengan fitur Custom URL.

Sedangkan pengertian Blog merupakan singkatan dari web log yaitu suatu bentuk aplikasi web berupa aneka macam konten atau tulisan-tulisan yang bisa dipublikasi (posting) pada sebuah halaman web umum (template blog).

Manfaat dari sebuah blog yaitu sebagai media publikasi dalam berbagai hal misalnya politik, program media, dan sebagai media publikasi dari sang penulis (blogger). Blog juga dapat menghasilkan uang yang lumayan banyak dari penyedia jasa iklan Google Adsense jika pengunjung blog ramai.

Jenis-jenis blog sangatlah banyak, ada blog yang berisi tentang pribadi dari sang penulis, blog yang berisi tentang kampanye politik, blog tentang ekonomi, blog tentang kesehatan dan lain-lain. Blog saya ini berisi mengenai Tutorial Ngeblog.

Itulah sedikit penjelasan mengenai Blog yang dapat anda ketahui. Mari kita mulai bagaimana cara membuatnya.

1. Silahkan anda buka terlebih dahulu link Blogger.com.
2. Klik Sign In.
Klik sign in

3. Kemudian masuk menggunakan akun email gmail anda. Jika belum mempunyai email gmail silahkan buat terlebih dahulu klik Create account.
Log in gmail

4. Setelah Log In berhasil, klik ”BUAT BLOG BARU”.
Buat blog baru

5. Isi judul sesuai dengan keinginan anda apa yang nantinya diisi dalam blog tersebut. Masukkan alamat link sesuai keinginan anda. Pilih template kesukaan anda. Kemudian klik Buat blog!.
Klik Buat Blog

6. Anda sudah selesai membuat blog dengan mudah. Jika anda akan memposting artikel klik Entri baru.
Klik entri baru

Demikianlah Tutorial ini saya berikan. Semoga artikel ”Pengertian Blog dan Cara Mudah Membuat Blog di Blogger.com” bermanfaat untuk anda semua. Jika ada yang ingin anda tanyakan silahkan komentar di bawah yang sudah disediakan. Jangan lupa share artikel ini supaya bermanfaat untuk teman-teman yang ingin terjun ke dunia blogging.

Berlangganan update artikel terbaru via email :

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel